Saturday, June 29, 2013

Stress Meningkatkan Nafsu Makan

stress meningkatkan nafsu makan

Stress meningkatkan nafsu makan – Taukah Anda alasan mengapa seseorang tidak bisa berhenti untuk makan atau ngemil? Sebuah studi baru mengemukakan, tingkat emosional mempengaruhi tingkatan nafsu makan. Mungkin inilah yang menjadi jawaban, ketika seseorang dilanda stres, nafsu makannya akan semakin meningkat.

Para ahli dari Universitas Würzburg di Jerman menyebutkan, di saat seseorang merasa dalam tekanan mereka akan cenderung memiliki hasrat untuk makan. Ketika mereka menyantap makanan berlemak, mereka akan dihadapkan kembali dengan makanan cita rasa manis, yang bertujuan untuk menetralisir rasa asin di dalam mulut.

Dalam studi ini, para ilmuwan mengundang kelompok relawan untuk mencoba beberapa minuman krim, yang semuanya mengandung jumlah lemak dan manis yang berbeda, seperti yang dilansir Gosip Artis Indonesia.

Sebelum mencicipi minuman tersebut, para relawan dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama dihadapkan dengan film yang menggambarkan adegan kebahagiaan, kelompok kedua dengan film netral dan kelompok terakhir dihadapkan dengan film beradegan sedih.

Hasilnya, film dengan adegan netral tidak memiliki reaksi apapun pada relawan dan rasa selera makan. Hasil ini sangat bertolak belakang dengan relawan yang menonton film bahagia dan sedih. Mereka lebih tidak bisa mengontrol untuk mengkonsumsi minuman krim tersebut. Konsumsi santapan berlemak akan terus meningkat untuk meredakan emosi.

Kesimpulannya, semakin tinggi tingkat emosi seseorang, maka nafsu konsumsi hidangan berlemak pun akan semakin tinggi.

0 comments:

Post a Comment