Saturday, June 29, 2013

Akhir Pekan yang Menyenangkan? Hindari 4 Hal ini

akhir pekan yang menyenangkan

Akhir pekan yang menyenangkan – Akhir pekan menjadi waktu yang paling dinantikan oleh para pegawai setelah lelah bekerja selama lima hari. Biasanya akhir pekan diisi dengan kegiatan santai, seperti berkumpul dengan keluarga atau orang spesial.

Namun, tak sedikit pula yang menghabiskan akhir pekan mereka dengan kegiatan yang tak produktif. Alih-alih relaks, mereka justru akan mengalami tekanan dan stres saat harus menghadapi hari Senin.

Berikut adalah kesalahan umum yang kerap dilakukan orang-orang saat akhir pekan seperti dilansir laman Gosip Artis Indonesia.

Boleh saja Anda bersenang-senang dengan sahabat hingga malam hari. Namun, perhatikan pula jadwal tidur. Begadang hingga larut malam dan kemudian tidur di hari berikutnya bisa membuat Anda merasa lebih lelah. Akibatnya, Anda akan sulit kembali ke jadwal normal selama sepekan mendatang.

Ada nama tidak resmi untuk fenomena ini, yakni “jet lag sosial”. Seorang profesor dari Institute for Medical Psychology, University of Munich, Roenneberg punya penggambaran tersendiri soal fenomena tersebut.

“Perbedaan antara apa yang jam tubuh kita ingin lakukan dan apa yang jam sosial kita ingin lakukan. Ini hampir terlihat seperti orang terbang di hari Jumat, dari Paris ke New York. Kemudian pada Senin pagi kembali lagi,” ujar Roenneberg.

Akhir pekan membuka kesempatan lebih besar untuk menyantap makanan di luar rumah. Alhasil, makanan dan minuman yang disantap lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa.

Terus menerus menggunakan gadget atau peralatan digital bisa berdampak negatif terhadap kesehatan. Mulai dari penurunan produktivitas, gangguan tidur, hingga tingkat stres yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, berilah waktu bagi diri sendiri untuk lepas dari gagdet selama satu hari, siang hari, atau bahkan satu jam. Anda bisa menggantinya dengan aktivitas yang lebih menyehatkan, seperti kegiatan di luar ruangan bersama orang-orang tercinta.

Tak sedikit orang menunda tugas atau pekerjaan rumah tangga hingga akhirnya menumpuk di akhir pekan. Untuk mengindari hal ini, cobalah menyisihkan waktu sekitar 30 menit untuk mencuci, belanja makanan, atau bahkan membersihkan rumah setiap harinya selama sepekan. Dengan demikian, akhir pekan Anda akan lebih menyenangkan dan dapat diisi dengan kegiatan lebih menenangkan.

0 comments:

Post a Comment