Saturday, June 29, 2013

Cara Merawat Kuku Rapuh

merawat kuku rapuh

Merawat kuku rapuh – Kuku yang kuat dan sehat tentunya membuat Anda semakin percaya diri. Namun sayang, tak sedikit wanita yang mengeluhkan kondisi kuku yang rapuh, karena sangat mengganggu penampilan.

Umumnya kuku rapuh atau mudah patah terjadi karena banyak faktor. Mulai dari genetik, penyakit, serta intensitas tinggi terpapar bahan kimia. Namun, Anda tak perlu khawatir. Kuku rapuh sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa cara berikut ini seperti dilansir laman Gosip Artis Indonesia.

Agar lebih halus tak jarang wanita menggunakan kikir usai memotong kuku. Namun, patut diketahui bahwa mengikir kuku sebaiknya tidak dilakukan bolak-balik. Misalnya, dari atas ke bawah. Sebaliknya, untuk mencegah kuku rapuh, rumus paling tepat adalah mengikir searah.

Kutikula berfungsi sebagai pelindung kulit dari masuknya bakteri ke dalam kuku yang dapat memicu infeksi. Oleh karena itu, untuk menghindari kuku yang rapuh, Anda mau tak mau harus menjaga kesehatan kutikula. Salah satunya dengan menggunakan alat manikur untuk membersihkan kutikula agar tidak menumpuk dan mengeras. Setelah itu, lembapkan kutikula dengan vitamin E atau losion khusus.

Pembersih cat kuku yang mengandung aseton bisa memicu kuku rapuh. Penyebabnya, pembersih kuku jenis ini membuat kuku lebih kering ketimbang pembersih lainnya yang tidak mengandung aseton.

Minumlah sedikitnya delapan gelas air setiap hari. Semakin tubuh mendapat cairan, maka kondisi kuku akan semakin baik. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi susu setiap hari. Ini karena susu mengandung zinc tinggi yang membuat kuku lebih kuat.

0 comments:

Post a Comment