Friday, August 2, 2013

Diabetes: Penyakit Mematikan No 3 di Jakarta

Diabetes Pembunuh Nomor 3 di Jakarta

Diabetes Pembunuh Nomor 3 di Jakarta – Tak bisa dipungkiri jika warga perkotaan lebih rentan terkena diabetes ketimbang mereka yang hidup di pedesaan. Gaya hidup, seperti pola makan disinyalir menjadi penyebab utama tingginya penderita diabetes di kota-kota besar.

Di Jakarta, penyakit diabetes tercatat sebagai pembunuh nomor tiga setelah stroke dan jantung. Bukan tak mungkin jika jumlah kematian akibat diabetes ini akan terus meningkat jika tak ada upaya penanganan yang serius.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama berencana menggandeng Pemerintah Denmark untuk melakukan serangkaian upaya dalam mencegah bertambahnya jumlah kematian akibat diabetes.

“Kita mau bikin workshop dan seminar untuk pencegahan,” ujar Basuki saat ditemui di Balai Kota, Selasa, 30 Juli 2013.

Selain Pemerintah Denmark, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan serta Kementerian Kesehatan. Rencananya, Jakarta akan dijadikan wilayah percontohan untuk penanganan diabetes di Indonesia.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok ini, Pemerintah Denmark mengundang Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk membahas masalah penanganan diabetes tersebut langsung di Kopenhagen

“Pak Gubernur nggak bisa. Dia minta saya buat mewakili. Tapi saya juga belum pastikan berangkat atau nggak ke Kopenhagen sekitar September nanti,” ucapnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan penyandang diabetes di Indonesia mencapai 21,3 juta orang pada tahun 2030. Kondisi ini akan menjadikan Indonesia menduduki peringkat ke-4 setelah Amerika Serikat, China, dan India di antara negara-negara yang memiliki penyandang diabetes terbanyak, dengan populasi penduduk terbesar di dunia.

0 comments:

Post a Comment