Saturday, July 13, 2013

Tips Agar Tetap Fit Saat Puasa

Supaya Tetap Fit Selama Berpuasa

Supaya Tetap Fit Selama Berpuasa – Saat berpuasa di bulan Ramadan, peranan susu berkalsium tinggi sangat penting untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya bermanfaat menjaga kesehatan tulang, susu kalsium tinggi juga mampu menjaga stamina tubuh selama berpuasa.

Di acara talkshow bertajuk “Langkah Sehat Menuju Berkah Bersama Anlene”, ahli gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, DR.dr. Fiastuti Witjaksono menjelaskan, kekuatan tubuh manusia biasanya akan menurun saat berpuasa. Hal ini karena, orang berpuasa, tidak mendapatkan asupan nutrisi selama 14 jam.

“Selama kita berpuasa, jumlah asupan nutrisi dan kalsium yang diperlukan tubuh sama jumlahnya dengan saat ketika kita tidak berpuasa,” terang Fiastuti.

Katanya, meski tengah menjalankan ibadah puasa, kebutuhan nutrisi dan kalsium harian harus tetap tercukupi secara kualitas dan kuantitas. Untuk itu, penting bagi orang berpuasa melengkapi kebutuhannya dengan mengkonsumsi makanan yang mudah diserap agar tubuh tetap berenergi. “Makanan itu adalah susu. Mengkonsumsi susu saat bulan puasa dapat menjaga rasa kenyang lebih lama,” ujarnya.

Selama menjalankan ibadah puasa, Fiastuti juga menyarankan agar sebaiknya, pengaturan jadwal aktivitas pun disesuaikan. Aktivitas fisik, katanya, sebaiknya tidak dilakukan setelah sahur mengingat risiko dehidrasi, karena jarak waktu dengan waktu makan dan minum saat berbuka cukup jauh.

Jika ingin tetap bugar saat puasa, ada baiknya olahraga yang dipilih pun merupakan olahraga santai yang tidak terlalu banyak menguras energi, seperti berjalan kaki. Olahraga ini juga terbukti mampu meningkatkan kesehatan tulang  dan dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

“Berjalan kaki sebaiknya dilakukan mendekati waktu berbuka, apakah itu sebelum atau sesudahnya. Begitu pula dalam mengkonsumsi susu, dapat dilakukan saat sahur dan berselang sesudah makan malam,” terangnya lagi.

0 comments:

Post a Comment