Saturday, July 13, 2013

Menyentuh Wajah saat Tangan Kotor Sebabkan Jerawat

Jangan Sentuh Wajah saat Tangan Kotor

Jangan Sentuh Wajah saat Tangan Kotor – Berapa kali dalam satu hari Anda menyentuh wajah dengan tangan? Mungkin Anda tak mengingatnya. Sayangnya, sentuhan tangan di wajah bisa menimbulkan bekas yang tidak indah, yaitu jerawat.

Bahkan, kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan bisa membuat virus herpes menempel di wajah. Penting untuk selalu mencuci tangan sebelum menyentuh wajah. Menurut dr. Ava Shamban, seorang dermatolog dan penulis buku “Heal Your Skin”, memperhatikan kebersihan tangan akan berdampak langsung pada kondisi kulit wajah Anda. Berikut alasannya.

“Bakteri, virus dan alergen berpindah dari ujung jari ke kulit. Apalagi jika jari melakukan gerakan mengusap, kontaminasi akan lebih parah lagi,” kata dr. Shamban, seperti dikutip dari Gosip Artis Indonesia.

Kebiasaan mengusap wajah, apalagi mata dengan tangan yang kotor sebaiknya memang Anda hindari. Untuk area mata terutama. Jika mata dikucek secara kasar dapat memicu kerusakan mikroskopik di jaringan mata dan merusak pembuluh kapiler di mata.

“Menyentuh wajah memang tak secara langsung memicu jerawat. Tapi, bisa memperburuk kondisi jerawat yang sudah tumbuh. Termasuk menularkan dermatitis dan herpes simpleks,” jelas dr. Shamban.

Dalam kasus herpes misalnya, jika Anda memiliki luka pada bibir atau alat kelamin dan secara tidak sengaja menyentuh mata Anda, maka dapat menyebabkan herpes keratitis. Semacam herpes pada area mata.

0 comments:

Post a Comment