Friday, June 7, 2013

Waspada Bahaya High Heel

Waspadai Bahaya Sepatu Tumit Tinggi

Waspadai Bahaya Sepatu Tumit Tinggi – Berapa banyak Anda memiliki koleksi sepatu bertumit tinggi? Sepatu ajaib ini memang patut dijadikan koleksi, karena keampuhannya memperbaiki postur tubuh. Namun, ternyata 90 persen wanita mengaku pernah mengalami cedera akibat penggunaan sepatu hak tinggi.

Rasa nyaman pemakaian sepatu bertumit tinggi hanya akan berlangsung di awal-awal pemakaian. Tetapi setelah satu jam, enam menit, 48 detik, tumit akan mulai terasa sakit. Bagi para penari, rasa sakit akan muncul setelah sepuluh menit pemakaian.

Selain sepatu bertumit tinggi, masalah kaki juga disebabkan oleh sepatu sempit. Menurut survei yang dilakukan College of Podiatri pada 2.000 pria dan wanita Inggris serta 60 ahli bedah kaki, masalah tersebut seperti radang sendi, fraktur stres, dan saraf terjepit. Sedangkan sepatu bertumit tinggi, dapat merusak jaringan lunak dan permukaan sendi menjadi haus.

“Wanita sering menempatkan diri mereka dalam risiko cedera permanen atas nama fesyen. Jika diminta untuk memilih antara kaki yang cantik dan sepatu yang cantik untuk terlihat lebih gaya, mereka pasti akan memilih keduanya,” ujar Mike O’Neill ahli penyakit kaki dari College of Podiantri seperti dikutip Gosip Artis Indonesia, Jumat 6 Juni 2013.

Ia menambahkan, semakin tinggi tumit semakin mereka akan memiringkan tubuh ke depan dan mengharuskan mereka bersandar mengimbanginya. Hal tersebut akan membuat panggul keluar dari keselarasan dan menyebabkan kompresi tulang belakang.

Tidak hanya itu, sepatu hak tinggi juga dapat membuat jari kaki pemakainya berperan sebagai rem untuk menjaga keseimbangan, sehingga kuku bisa tumbuh ke dasar kulit dan berisiko kapalan. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa banyak wanita yang pada akhirnya terpaksa pulang tanpa alas kaki, karena tidak nyamanan menggunakan sepatu tersebut.

O’Neill memperingatkan, sebaiknya hindari penggunaan sepatu dengan hak yang tingginya melebihi dua centimeter. Jika ingin terlihat tinggi, ada baiknya Anda memilih sepatu model wedges.

0 comments:

Post a Comment